Selasa, 19 April 2011

Articel tentang kebudayaan yg mudah maupun sulit diterima oleh masyarakat kita

berikut akan diuraikan selengkapnnya :

Unsur kebudayaan Universal

menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yg selanjtnnya disebut cultural universal , yaitu sebagai berikut           - Sistem kepercayaan, sistem pengetahuan, perlengkapan & peralatan kehidupan umat manusia, mata pencarian & sistem ekonomi, sistem kemasyarakatan, bahasa, & kesenian
.
nah contoh kbudayaan yg sulit diterima ialah  dijelaskan sbg brikut
Dalam buku yang berjudul Merajut Kembali Ke-Indonesiaan Kita ini, juga menyinggung masalah keragaman budaya yang belum bisa diterima sepenuhnya masyarakat Indonesia bahwa Indoensia adalah bangsa yang pluralistik. Kasus konflik berbau SARA, yang terjadi di Sampit, Ambon, Sambas dan Poso adalah contoh dari belum bisanya pluralisme ditegakkan di negeri ini. Berbagai konflik horizontal itu muncul karena antar etnis tak mampu saling menahan diri untuk menciptakan rasa toleransi dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu menandakan wacana keberagaman dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang selama ini didengung-dengungkan penguasa sebagai modal membangun bangsa, ternyata hanyalah menjadi utopia belaka, karena kondisi itu belum bisa ditegakkan sepenuhnya.
Dalam kondisi demikian, Sultan Hamengku Buwono X menyarankan agar pemerintah perlu menegakkan kembali asas Bhinneka Tunggal Ika yang terkandung dalam Pancasila, yang merupakan alat tertinggi dan landasan negara bagi terciptanya persatuan kebudayaan bangsa. Kondisi itu hendaknya dijadikan sebagai simbol kekuatan pemersatu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, agar tercipta sebuah kekuatan yang bertumpu pada keberagaman budaya masyarakat, bukan sekedar slogan saja.akibat dari hal tsb ialah pergaulan bebas yang mudah muncul  atau beredarnnya gaya seseorang yg sudah lewat adab, & suka meminum minuman keras.

Untuk yg dapat diterima contohnnya sebagai berikut :
Pada umumnya unsur-unsur kebudayaan asing yang mudah diterima adalah unsur kebudayaan kebendaan seperti peralatan yang  sangat mudah dipakai dan dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Contohnya : Handphone, komputer, Tekhnologi terbaru, Gadgetdan lain – lain.
& efek positif yang ditimbulkan nnya yaitu smakin mdahnnya orang untuk berkomunikasi antar ngara karena mkin canggihnnya tekhnologi tsb, serta mkin bnnyak perkembangan ilmu pngetahuan yang ditimbulkan dari barang2 yang berkaitan dengan tekhnologi tsb. untuk dibidang kehidupan kita dapat meniru kebiasaan orang asing yang sangat menghargai waktu karena denagn itu kita bsa sukses dalm kehidupan , serta msih bnayk aspek2 lain yang lebih bgs.

Cara Untuk Menghargai Keragaman Budaya

Dalam pola kepemimpinan tersebut, diperlukan usaha usaha untuk menemukan nilai-nilai budaya yang beranekaragam tersebut dengan memahami perbedaan dan persamaan diantara mereka dalam semangat kebhinekaan.  Unsur-unsur penting dalam dimensi budaya melalui komunikasi non verbal, penggunaan bahasa, oriantasi ruang dan waktu, pendekatan-pendekatan psikologis yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam pola kepemiminan dalam komunikasinya.

Dimensi kebudayaan lain seperti pola pikir yang digunakan kelompok/individu biasanya berdasarkan nilai nilai kebudayaan masyarakat suatu kelompok etnis sejak dari kecil sudah terbiasa dalam berpola pikir dan berperilaku seperti hal tersebut.

Perangkat nilai serta Norma dalam budaya merupakan perangkat cita-cita dan keinginan yang diharapkan dalam kelompok masyarakatnya. Nilai baik dan buruk dan yang dilarang dan suruhan mempengaruhi sikap dan perilaku mereka.

Unsur paling penting dalam kebudayaan kita adalah sistem nilai, gambaran diri, komunikasi non verbal, penggunaan bahasa, orientasi ruang dan waktu yang kita kaji dan amati dari perbedaan kebudayaan yang berbeda dan memilih suatu kebudayaan yang pasti benar atau salah.

Sekian artikel saya yang dapat dilampirkan untuk lebih maupun kurangnnya mhon dimaklumi & dimohon untuk commentnnya. Thanks 
 


Sumber : Google.co.id
               Buku " Merajut Kembali Keindonesiaan Kita"
               Sumbarprov.go.id
 


0 komentar:

Posting Komentar

Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....