Senin, 24 Oktober 2011

Manajemen Tata Negara

Manajemen tatanegara adalah cara atau strategi untuk mengatur sebuah Negara dengan aturan-aturan yang sudah tersedia di dalam Negara tersebut. 

Dengan mngambil contoh sebagai berikut

“Indonesia membutuhkan pemimpin yang tangguh. Tantangan masa depan lebih berat dan kompleks. Hanya pemimpin yang tangguh yang mampu mengatasi persoalan-persoalan bangsa ke depan”. Demikian kata Presiden Yudhoyono yang dimuat oleh sebuah Koran Nasional . Kita semua tentu berharap memilih dan memiliki pemimpin yang hebat. Namun pada level tertentu kita harus berani berpikir bahwa, dengan atau tanpa hadirnya pemimpin yang tangguh, system ketatanegaraan dan pemerintahan harus tetap bisa memberikan pelayanan pada masyarakat. Kita membutuhkan tatanan pemerintahan yang secara fleksibel mampu mengorganisasikan dirinya sendiri ketika menerima gangguan sehingga rutinitas aktivitasnya secara keseluruhan tetap berjalan.
Membayangkan system kenegaraan seperti ini sama seperti membayangkan bagaimana system yang “hidup” berkerja. Tubuh kita, misalkan, secara otomatis mengeluarkan keringat saat suhu ruangan berada di atas temperature normal. Interdependensi antar elemen yang bersinergi secara unik hasilkan system yang mampu mereproduksi dirinya sendiri, beradaptasi dan bertahan terhadap gangguan dan perubahan lingkungan (gambar 1a). Dalam system seperti ini, negara tetap bisa berjalan walaupun misalnya presiden tiba-tiba mangkat atau tidak berada di tempat. Sistem birokrasi dapat berjalan dengan baik dengan cepat karena memiliki daftar alternatif tindakan untuk merespon perubahan di lapangan. Sampai pada level tertentu kita tidak membutuhkan seorang pemimpin yang hebat, tapi tatanan pemerintahan yang mampu adaptif terhadap tantangan perubahan.










Semua ini bertujuan
untuk mewujudkan masyarakat yang bersatu dan damai. maka dari itu sangat dibutuhkan SDM yang cukup memadai untuk mewujudkan keberhasilan manajemen tersebut..

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....