Senin, 28 Februari 2011

Manusia & Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung 
jawab masing-masing individu berbeda.
salah satu contoh dari suatu hubungan antar manusia dngn tanggung jwab adalah sebagai brkut:

berikut merupakan doktrin kejaksaan indonesia dlm mnjalankan tugasnnya 

Tri Krama Adhyaksa
  • Satya, yang artinya kesetiaan yang bersumber pada rasa jujur, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap diri pribadi dan keluarga maupun kepada sesama manusia.

  • Adhi, yang artinya kesempurnaan dalam bertugas dan berunsur utama pemilikan rasa tanggung jawab bertanggung jawab baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terhadap keluarga dan terhadap sesama manusia.

  • Wicaksana, yang artinya bijaksana dalam tutur kata dan tingkah laku khususnya dalam pengetrapan kekuasaan dan kewenangannya                                                                                                                                    


  • yang lainnya adalah 
    Juru bicara atau bisa juga disingkat jubir adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk menerangkan kondisi atau situasi orang lain yang mengutusnya. Peranan jubir dalam lembaga negara sangat penting untuk mewakili lembaga yang dipegangnya dalam konferensi pers, ataupun dalam melakukan wawancara dengan wartawan dan media.

    Nah dari artikel diatas dapat jg ditarik kesimpulan bahwa manusia & tanggung jwabnya tidak dapat dipisahkan. namun apabila suatu manusia sudah dapat menjalankan tanggung jwabnya dgn baik, sah2 saja bila manusia tsb meminta hak untuk diberikan kepadanya sesuai dgn ap yg dijalankannya..

    klo dibidang agama, contoh hubungan manusia dgn tanggung jwab yaitu :
    sebagi makhluk ciptaan tuhan sudah sepatutnya manusia menjalankan ibadah sesuai dgn kpercyaan msing2 & menjahui sgala larangan yg telah di ajarkan sbgaimana yg telah diajarkan oleh setiap agama kpercyaan msing2. & hal tsb harus dilaksanakan dgn sebaik- baikknya.karna bila tidak maka sangsinya terdapat di akhirat.

    SEKIAN

    Sumber : http://wikipedia.org/


    0 komentar:

    Posting Komentar

    Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....