Senin, 12 November 2012

Proyek Pembangunan MRT Jakarta

Pada kesempatan kali ini ijinkanlah saya untuk membuat suatu artikel yang berhubungan dengan proyek pembangunan MRT ( Mess Rapid Transit) yang dicanangkan pemerintah dki Jakarta yang bertujuan untuk menambah model transportasi dalam rangka mengurangi kemacetan. Baik, untuk mempersingkat waktu mari langsung ke topic bahasan. Berikut akan saya gambarkan secara umum apa itu MRT. 



Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) yang berbasis rel rencananya akan membentang kurang lebih ±110.8 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih ±23.8 km dan Koridor Timur – Barat sepanjang kurang lebih ±87 km.

Read More ....

• Pembangunan koridor Selatan - Utara dari Lebak Bulus – Kampung Bandan dilakukan dalam 2 tahap:

- Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15.7 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016.

- Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8.1 Km yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi 2018 (dipercepat dari 2020). Studi kelayakan untuk tahap ini sudah selesai.

• Koridor Timur - Barat saat ini sedang dalam tahap studi kelayakan. Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024 – 2027





Menurut perusahaan yang dipasrahkan pemerintah untuk mengurus pembangunan ini yaitu PT Mass Rapid Transit (MRT) membantah beberapa pandangan dari berbagai pihak yang menyatakan pembangunan MRT di Jakarta terlalu mahal. Pandangan yang disampaikan tersebut tidak disesuaikan dengan perbandingan harga di tahun 2012, melainkan berdasarkan harga tahun 2002.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo mengatakan data yang disampaikan oleh pengamat yang menyatakan biaya pembangunan MRT di Jakarta terlalu mahal berdasarkan dari data capital cost per kilometer. Data tersebut dituliskan dalam jurnal yang diterbitkan pada tahun 2008 di Eropa oleh Bent Flyvbjerg.

Dia (Bent) menggunakan capital cost per kilometer tersebut sudah dieskalasi ke 2002 berdasarkan indeks harga konstruksi Amerika Serikan (US Construction Cost Index).

“Sebagai contoh, data MRT Singapura yang tahun operasinya 1990, semula capital cost per kilometernya adalah 37,3 juta dolar AS. Namun setelah dilakukan penyesuaian menggunakan US Construction Cost Index, costnya tersebut menjadi 54,5 juta juta dolar AS per kilometer di 2002 atau 10 tahun lalu,” kata Tribudi, Jakarta, Jumat (9/11).

Untuk membandingkan dengan proyek MRT Jakarta, Tribudi mengungkapkan perlu dilakukan penyesuaian harga ke 2012. Ada beberapa data tambahan yang dapat digunakan sebagai acuan, yakni pembangunan Shanghai Metro dan Bangalore Metro India. Kedua MRT ini tahun operasinya masih sekitar 5 tahun lalu dan saat ini masih dalam masa pembangunan.

“Dengan demikian kita sama-sama membandingkan secara apple to apple. Dengan sudah mempertimbangkan spesifikasi atau kondisi teknis, tahun pembangunan, eskalasi harga dan terutama segragasi strukturnya,” ujarnya.

Ketua Komisi B DPRD DKI, Selamat Nurdin mengharapkan Gubernur DKI Joko Widodo jangan pernah mengutak-atik anggaran yang sudah ada. Ia hanya menginginkan gubernur melakukan pengawasan anggaran.

Sedangkan Jokowi mengatakan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan MRT tersebut. Dia tidak mau proyek yang menelan biaya lebih dari Rp 15,5 triliun ini berhenti di tengah jalan. Keberadaan MRT di empat kota yang disebutkan Jokowi mengalami kebangkrutan, sehingga harus diambil alih oleh negara.

"Kan kita tahu ada empat yang kolaps. Kalau nanti MRT Jakarta kolaps, akan diambil alih oleh Pemda, itu kita harus hati-hati. Kan kemaren sudah dijelaskan, tapi saya enggak nangkep. Sekarang saya sudah agak nangkep. Ini bukan evaluasi, saya hanya tanya terkait dengan perjanjian," ujarnya.

Selain itu, tutur Jokowi, ia adalah seorang yang berasal dari dunia bisnis. Oleh karena itu, ia akan terus mengkaji proyek MRT ini.

"Kan pinjaman itu dari Jepang barangnya dari Jepang. Sejauh ini masih mahal, saya ini orang bisnis enggak usah yang ruwet-ruwet, kotanya seperti apa, penduduknya berapa, penumpangnya berapa. Ini sudah masuk di ranah bisnis," katanya.

ya ane sebagai warga biasa hanya bisa berharap yang terbaik wat kota jakarta tercinta ini lah, semoga dgn terobosan2 yang dilakukan pemerintah dpt mengurangi kemacetan yang ada saat ini.jujur ane klo kekampus suka kesel gara - gara misal ada mcet, yang harusnya waktu yg dicapai cma stengah jam, eh ini bsa sampai sejam. jd terlambat dah tuh. untung bkan kyk sekolah klo terlambat di setrap.hahha klo kuliah, terlambat sedikit msih dimaklumi, tpi klo dah terlalu ya dikeluarkan.hehehe

Sekian artikel yang saya buat, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan nama maupun gelar mohon dimaafkan karna sudah sifatnya manusia tak luput dari kesalahan,

Wassalam.

Referensi Terkait :

http://www.harianterbit.com/2012/11/09/proyek-mrt-tidak-kemahalan/


http://guthowar.blogspot.com/2012/08/tentang-mrt.html


http://megapolitan.kompas.com/read/2012/10/30/19325959/Jokowi.Tak.Peduli.Ancaman.Denda.Proyek.MRT


http://www.khi.co.jp/english/rs/product/upload_images/mrt.jpg







0 komentar:

Posting Komentar

Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....