Senin, 14 Maret 2011

10 Budaya Indonesia Yang Di Klaim Malaysia

Sekedar merefresh ingatan kita tentang budaya yang diclain negara tetangga sbg budaya dia, diantarannya adalah : 1.Batik
Klaim Malaysia atas batik sangat meresahkan perajin batik Indonesia. Bangsa ini harus segera menghapus bayang-bayang yang meresahkan itu agar perajin batik Indonesia di kemudian hari tidak perlu memberi royalti kepada negara lain.generasi batik masa lampau hanya melihat kompetisi antarperajin di dalam negeri. Kini, sudah saatnya perajin batik bersatu, menunjukkan eksistensi bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia.Untuk melestarikannya, Pemerintah Indonesia wajib mnjagannya & memperkenalkan ke dunia luas bahwa batik itu asli dari indonesia.
2.Tari Pendet
Geram dan marah muncul dari masyarakat Indonesia menyikapi klaim kebudayaan yang dilakukan Malaysia. Berbagai aset budaya nasional dalam rentang waktu yang tak begitu lama, diklaim negara tetangga.pengklaimannya pun dilakukan melalui momentum formal kenegaraan. Seperti melalui media promosi ‘Visit Malaysia Year’ yang diselipkan kebudayaan nasional Indonesia.
3.Wayang Kulit
wayang kulit sempat juga diklaim oleh negara tsb, tetapi sikap kita pada saat itu bgs karena langsung mengklarifikasinnya, sehingga masyarakat indonesia cukup terlindungi oleh hal tsb.
4.Angklung
5.Reog Ponorogo
6.Kuda Lumping
7.Lagu Rasa Sayange
8.Bunga Rafflesia Arnoldi

9.Keris
10.Rendang Padang
 dari arikel diatas dapat kita ambil kesimpulah bahwa sudah mnjadi tugas kita untuk bersama - sama menjaga kebudayaan indonesia supaya tdk diambill lagi oleh negara lain seperti yang teerjadi belakangan ini.




Sekian artikel yang dapat saya sampaikan bila terdapat kekurangan mhon dimaafkan & dimohon komentarnnya untuk memacu saya untuk membuat yang lebih baik.    

1 komentar:

Denscool blogger's mengatakan...

gooodd

Posting Komentar

Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....