Senin, 14 Maret 2011

Dodol betawi yang mncirikan ke khasan makanan dari daerah tsb..

Dodol ataupun jenang sering diidentikan dengan makanan khas Betawi, Garut dan Purwokerto. Namun, dodol merupakan sejenis makanan yang dikategorikan dalam jenis makanan ringan dan manis. Cukup sulit, membuat dodol yang benar-benar menghasilkan kenikmatan yang berkualitas tinggi, proses pembuatannya yang lama serta keahlian yang tinggi pula.
Sebagai Ibukota Negara RI, Jakarta memiliki oleh-oleh yang demikian itu, Dodol Betawi. Masyarakat Betawi sangat antusias dalam menanggapi persoalan makanan manis ini. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat dodol terdiri dari santan kelapa, garam, gula pasir, tepung beras dan gula merah.

Condet, salah satu wilayah yang dijadikan sebagai pusat Cagar Budaya Betawi pada pemerintahan Gubernur Ali Sadikin sejak 1976, merupakan perwujudan makanan masyarakat Betawi yang berciri khas seperti dodol. Peninggalan kebudayaan pada hal pangan ini, dapat anda jumpai pada Warung Dodol Bu Mamas di Jalan Batu Ampar I RT 13 RW 04 Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur.saya sering sekali ke tempat tersebut dikarenakan rasa dodolnnya yang sudah tidak diragukan lagi, & saya cukup menyukainnya. Selain itu, Jakarta menyimpan banyak lokasi dalam produksi pangan yang legit ini.diantarannya kue combro, manisan betawi, dan msi bnyak yang lainnya. daerah yang msih mnjual panganan tsb, yaitu condet. bila anda mampir ke condet, jgn lpa untuk mencicipi panganan khas betawi. jangan lpa yaa !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....