Rabu, 17 Oktober 2012

SOLUSI ALTERNATIF DALAM MEMINIMALKAN PERILAKU TAWURAN ANTAR PELAJAR


Dalam hal ini saya sampaikan artikel tentang solusi yg bagus atau baik untuk meminimalkan tindakan tawuran pelajar yg akhir – akhir ini sering kita dengar melaui media masa berupa radio maupun televisi. Sebetulnya apa yg dapat menyebabkan seorang pelajar dapat melakukan tindakan tidak baik tsb?? Ya sepertinya kita sudah banyak tau bahwa seorang pelajar nekat melakukan perbuatan tsb melainkan munculnya banyak faktor.
Seperti :
  •  Tawuran antar pelajar bisa terjadi karena ketersinggungan salah satu kawan, yang di tanggapi dengan rasa setiakawan yang berlebihan.
  • Permasalahan yang sudah mengakar dalam artian ada sejarah yang menyebabkan pelajar-pelajar dua sekolah saling bermusuhan.
  • Jiwa premanisme yang tumbuh dalam jiwa pelajar.

Selain hal tsb bisa juga tawuran terjadi karena :

· Faktor internal berupa Ketidakmampuan/kurang mampunya beradaptasi dengan lingkungan sosial yang kompleks menimbulkan tekanan pada setiap orang.

· Faktor keluarga apabila keluarga tidak bahagia, bahkan ada kekerasan dalam rumah tangga akan berdampak pada mental psikologis anak.

· Faktor sekolah seperti Kebosanan di dalam ruang belajar mengajar seperti tindak belajar mengajar yang monoton, tidak mengijinkan siswa untuk bertindak kreatif,

· Faktor lingkungan, Faktor ini jauh lebih luas daripada lingkungan rumah remaja. Lingkungan ini juga berbicara sekolah, media televisi, media cetak dan ketidakpuasan atas negara atau fasilitas negara. Setelah saya menguraikan beberapa faktor yg dapat menyebabkan pelajar melakukan tindakan tawuran, sekarang saya akan menjelaskan beberapa solusi yg sekiranya dapat meminimalisir perilaku tawuran tsb. 
Read More...


Yaitu solusinya hanya satu, yaitu disiplin. Terapan kedisiplinan guru dan siswanya pasti lembek kalau terjadi perkelahian antara siswa di dalam sekolah, juga antara siswa yang beda sekolah.Solusi lain yg dapat ditempuh adalah dengan pemberlakuan hukuman secara adil kepada siapa saja siswa yg terlibat dalam aksi tawuran. Hukuman tsb berasal dari sekolah masing – masing pelajar. Tentu saja hukuman ini bertingkat-tingkat, bergantung pada jenis kesalahannya. Yang ringan tentu dihukum ringan yang sifatnya mendidik. untuk hukuman yang berat lagi, bisa dilakukan seperti hukuman fisik berupa lari, push-up, ngosekWC, nyapu, nyangkul kebun sekolah, dll dalam batas-batas wajar dengan memperhatikan kondisi fisik murid.

Hukuman diatas dilakukan apabila pelajar hanya terlibat tawuran dlm batas perkelahian, tetapi apabila pelajar sudah mengenai kasus pidana seperti menghilangkan nyawa seseorang, merampok & dsb. bisa jadi kasusnya langsung masuk ke kepolisian untuk disidik lebih lanjut. Dan untuk sangsi administratif dari sekolah yaitu dikeluarkan dari sekolah dengan tidak hormat. Tidak peduli sekalipun ia adalah anak Kadisdik, anak bupati, anak menteri, cucupresiden. Hal tsb dilakukan untuk keberlangsungan pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Kita harus yakin bahwa hukuman pecat / dikeluarkan bagi siswa yang tawuran, setelah disidik dan dibawa ke “pengadilan” sekolah, adalah solusi ampuh untuk mengawali keamanan sekolah dan mengurangi tawuran. Tanpa disiplin dan eksekusi hukuman bagi yang bersalah, hanya percuma saja usaha penanggulangan tawuran murid. Yang ditakutkan lagi, akan makin banyak murid / pelajar yang melanggar aturan karena tahu bahwa hukumannya pasti ringan-ringan saja.cara yg lainnya bisa juga dengan Penambahan jam pelajaran agama untuk memberikan pendidikan tata nilai dan moral kepada para siswa agar dapat mengurangi perilaku negatif para siswa seperti tawuran, pengrusakan dan penggunaan obat-obat terlarang.

Mungkin Sedikit ulasan diatas ttg solusi untuk meminimalkan Perilaku Tawuran pelajar dapat diterapkan, baik disekolah maupun di lingkungan keluarga & sekitar. Agar terciptanya suasana Tertib, Aman, Damai. & untuk pelajar dapat dgn serius menganyam pendidikan hingga ke tingkat tinggi, agar kelak dapat menggantikan pejabat - pejabat Negara dalam memimpin Negara ini. Sekian dari saya, apabila terdapat kesalahan penulisan kata ataupun nama mohon dimaafkan, karena kesalahan hanyalah milik manusia & kesempurnaan hanya milik Allah ta’ala semata.



Wasalamm

Referensi Terkait :
http://kangwahyu.com/info-terkini/penyebab-terjadinya-tawuran-antar-pelajar/#.UHLV9VFmxtE 
http://www.lazuardibirru.org/wp-content/uploads/2012/09/tawuran-pelajarr.jpg

1 komentar:

kandungan daun sirsak mengatakan...

artikel yang sangat bagus sekali buat di simak

Posting Komentar

Thanks Atas komentarnya.. komentar anda sangat berguna untuk kami....